PAKET 1
III. SOAL/TUGAS
1.
Judul Tugas : Aplikasi Kasir Restoran (Table Service)
2.
Langkah
Kerja:
a.
Lakukan
Instalasi dan Pengaturan Software Tools
Pemrograman
b.
Interpretasikan
Spesifikasi Program yang diberikan
i.
Aplikasi
berbasis sistem client-server
ii.
Aplikasi
dapat dibuat berbasis desktop, web,
atau perangkat bergerak
iii.
Aplikasi
menggunakan pembagian privilege
dengan tingkatan (administrator, water,
kasir, owner, dan pelanggan)
c.
Buatlah
Desain User Interface / wireframe (Menu,
Form Modifikasi Data, dan Pelaporan)
i.
Fitur
minimal dan pembagian privilege dalam
aplikasi
Fitur
|
administrator
|
waiter
|
kasir
|
owner
|
pelanggan
|
Login
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
Logout
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
Registrasi
|
X
|
X
|
X
|
|
|
Entri referensi
|
X
|
|
|
|
|
Entri order
|
X
|
X
|
|
|
X
|
Entri transaksi
|
X
|
|
X
|
|
|
Generate laporan
|
X
|
X
|
X
|
X
|
|
ii.
Desain
dibuat dengan memperhatikan estetika dan user-friendliness
iii.
Form
pelaporan dibuat sekomunikatif mungkin
iv.
Terapkan
pemrograman berbasis obyek (object oriented
programming)
d.
Hubungkan
Aplikasi dengan Basis Data
i.
Pilih
dan instal aplikasi server basis data yang diinginkan
ii.
Buat
basis data dengan PDM sebagai berikut:
Keterangan :
Desain basis data diatas adalah basis data dasar,
peserta ujian dapat menambah tabel / field
sesuai kebutuhan berdasarkan kreativitas agar Aplikasi yang dibuat dapat
berfungsi secara maksimal.
i.
Terapkan
stored procedure
ii.
Hubungkan
aplikasi dengan basis data
b.
Lakukan
Debugging
i.
Lakukan
ujicoba real-time
ii.
Pastikan
langkah-langkah dalam pendeteksian kesalahan dilakukan dengan benar
iii.
Pastikan
seluruh fitur berfungsi dengan baik
c.
Buatlah
Dokumentasi dan Manual Singkat Penggunaan Aplikasi
i.
Buatlah
dokumentasi fitur-fitur dalam aplikasi (user
manual)
ii.
Buatlah
dokumentasi pengembangan aplikasi
Catatan : efisiensi
baris program, kreativitas, atau inovasi akan dinilai lebih oleh penguji
“SELAMAT & SUKSES”
PAKET 2
III.
SOAL/TUGAS
1.
Judul
Tugas : Aplikasi Ticketing Pesawat dan Kereta Api
2.
Langkah
Kerja:
a.
Lakukan
Instalasi dan Pengaturan Software Tools
Pemrograman
b.
Interpretasikan
Spesifikasi Program yang diberikan
i.
Aplikasi
berbasis sistem client-server
ii.
Aplikasi
dapat dibuat berbasis desktop, web, atau perangkat bergerak
iii.
Aplikasi
menggunakan pembagian privilege dengan
tingkatan (administrator, petugas, penumpang,)
c. Buatlah Desain User Interface / wireframe (Menu, Form Modifikasi Data, dan
Pelaporan)
i.
Fitur
minimal dan pembagian privilege dalam
aplikasi
Fitur
|
administrator
|
petugas
|
penumpang
|
Login
|
X
|
X
|
X
|
Logout
|
X
|
X
|
X
|
Registrasi
|
|
|
X
|
Entri Data
|
X
|
|
|
Pemesanan
|
|
|
X
|
Pembayaran
|
|
|
X
|
Verifikasi dan validasi
|
X
|
X
|
|
Generate laporan
|
X
|
X
|
|
ii.
Desain
dibuat dengan memperhatikan estetika dan user-friendliness
iii.
Form
pelaporan dibuat sekomunikatif mungkin
iv.
Terapkan
pemrograman berbasis obyek (object oriented
programming)
d.
Hubungkan
Aplikasi dengan Basis Data
i.
Pilih
dan instal aplikasi server basis data yang diinginkan
ii.
Buat
basis data dengan PDM sebagai berikut:
Keterangan :
Desain basis data diatas adalah basis data dasar,
peserta ujian dapat menambah tabel / field
sesuai kebutuhan berdasarkan kreativitas agar Aplikasi yang dibuat dapat
berfungsi secara maksimal.
i.
Terapkan
stored procedure
ii.
Hubungkan
aplikasi dengan basis data
b.
Lakukan
Debugging
i.
Lakukan
ujicoba real-time
ii.
Pastikan
langkah-langkah dalam pendeteksian kesalahan dilakukan dengan benar
iii.
Pastikan
seluruh fitur berfungsi dengan baik
c.
Buatlah
Dokumentasi dan Manual Singkat Penggunaan Aplikasi
i.
Buatlah
dokumentasi fitur-fitur dalam aplikasi (user
manual)
ii.
Buatlah
dokumentasi pengembangan aplikasi
Catatan : efisiensi
baris program, kreativitas, atau inovasi akan dinilai lebih oleh penguji
“SELAMAT & SUKSES”
PAKET 3
1.
Judul
Tugas : Aplikasi Inventaris
Sarana dan Prasarana di SMK
2.
Langkah
Kerja:
a.
Lakukan
Instalasi dan Pengaturan Software Tools
Pemrograman
b.
Interpretasikan
Spesifikasi Program yang diberikan
i.
Aplikasi
berbasis sistem client-server
ii.
Aplikasi
dapat dibuat berbasis desktop, web,
atau perangkat bergerak
iii.
Aplikasi
menggunakan pembagian privilege dengan
tingkatan (administrator, operator,
dan peminjam)
c.
Buatlah
Desain User Interface / wireframe (Menu, Form Modifikasi Data,
dan Pelaporan)
i.
Fitur
minimal dan pembagian privilege dalam
aplikasi
Fitur
|
Administrator
|
operator
|
peminjam
|
Login
|
X
|
X
|
X
|
Logout
|
X
|
X
|
X
|
Inventarisir
|
X
|
|
|
Peminjaman
|
X
|
X
|
X
|
Pengembalian
|
X
|
X
|
|
Generate laporan
|
X
|
|
|
ii.
Desain
dibuat dengan memperhatikan estetika dan user-friendliness
iii.
Form
pelaporan dibuat sekomunikatif mungkin
iv.
Terapkan
pemrograman berbasis obyek (object oriented
programming)
d.
Hubungkan
Aplikasi dengan Basis Data
i.
Pilih
dan instal aplikasi server basis data yang diinginkan
ii.
Buat
basis data dengan PDM sebagai berikut:
Keterangan :
Desain basis data diatas adalah basis data dasar,
peserta ujian dapat menambah tabel / field
sesuai kebutuhan berdasarkan kreativitas agar Aplikasi yang dibuat dapat
berfungsi secara maksimal.
i.
Terapkan
stored procedure
ii.
Hubungkan
aplikasi dengan basis data
b.
Lakukan
Debugging
i.
Lakukan
ujicoba real-time
ii.
Pastikan
langkah-langkah dalam pendeteksian kesalahan dilakukan dengan benar
iii.
Pastikan
seluruh fitur berfungsi dengan baik
c.
Buatlah
Dokumentasi dan Manual Singkat Penggunaan Aplikasi
i.
Buatlah
dokumentasi fitur-fitur dalam aplikasi (user
manual)
ii.
Buatlah
dokumentasi pengembangan aplikasi
Catatan : efisiensi
baris program, kreativitas, atau inovasi akan dinilai lebih oleh penguji
“SELAMAT & SUKSES”
PAKET 4
1.
Judul
Tugas : Aplikasi Pembayaran Listrik
Pasca Bayar Melalui Payment Point Online
Bank (PPOB)
2.
Langkah
Kerja:
a.
Lakukan
Instalasi dan Pengaturan Software Tools
Pemrograman
b.
Interpretasikan
Spesifikasi Program yang diberikan
i.
Aplikasi
berbasis sistem client-server
ii.
Aplikasi
dapat dibuat berbasis desktop, web,
atau perangkat bergerak
iii.
Aplikasi
menggunakan pembagian privilege
dengan tingkatan (administrator, pelanggan,
dan bank)
c.
Buatlah
Desain User Interface / wireframe
(Menu, Form Modifikasi Data, dan Pelaporan)
i.
Fitur
minimal dan pembagian privilege dalam
aplikasi
Fitur
|
administrator
|
pelanggan
|
bank
|
Login
|
X
|
X
|
X
|
Logout
|
X
|
X
|
X
|
Registrasi
|
X
|
X
|
|
Pengelolaan Data Pelanggan
|
X
|
|
|
Verifikasi dan validasi
|
X
|
|
X
|
Pembayaran
|
|
X
|
|
Generate laporan
|
X
|
|
X
|
ii.
Desain
dibuat dengan memperhatikan estetika dan user-friendliness
iii.
Form
pelaporan dibuat sekomunikatif mungkin
iv.
Terapkan
pemrograman berbasis obyek (object oriented
programming)
d.
Hubungkan
Aplikasi dengan Basis Data
i.
Pilih
dan instal aplikasi server basis data yang diinginkan
ii.
Buat
basis data dengan PDM sebagai berikut:
Keterangan :
Desain basis data diatas adalah basis data dasar,
peserta ujian dapat menambah tabel / field
sesuai kebutuhan berdasarkan kreativitas agar Aplikasi yang dibuat dapat
berfungsi secara maksimal.
i.
Terapkan
stored procedure
ii.
Hubungkan
aplikasi dengan basis data
b.
Lakukan
Debugging
i.
Lakukan
ujicoba real-time
ii.
Pastikan
langkah-langkah dalam pendeteksian kesalahan dilakukan dengan benar
iii.
Pastikan
seluruh fitur berfungsi dengan baik
c.
Buatlah
Dokumentasi dan Manual Singkat Penggunaan Aplikasi
i.
Buatlah
dokumentasi fitur-fitur dalam aplikasi (user
manual)
ii.
Buatlah
dokumentasi pengembangan aplikasi
Catatan : efisiensi
baris program, kreativitas, atau inovasi akan dinilai lebih oleh penguji
“SELAMAT & SUKSES”
mas ini yg paket 1 ga ada jawabannya? soalnya guru saya ambil soal dari sini
BalasHapus