Langsung ke konten utama

BELAJAR RPL 2018/2019


PAKET 1



III.        SOAL/TUGAS


1.        Judul Tugas            : Aplikasi Kasir Restoran (Table Service)
2.        Langkah Kerja:
a.         Lakukan Instalasi dan Pengaturan Software Tools Pemrograman
b.         Interpretasikan Spesifikasi Program yang diberikan
                                                i.          Aplikasi berbasis sistem client-server
                                              ii.          Aplikasi dapat dibuat berbasis desktop, web, atau perangkat bergerak
                                            iii.          Aplikasi menggunakan pembagian privilege dengan tingkatan (administrator, water, kasir, owner, dan pelanggan)
c.         Buatlah Desain User Interface / wireframe (Menu, Form Modifikasi Data, dan Pelaporan)
                                                i.          Fitur minimal dan pembagian privilege dalam aplikasi
Fitur
administrator
waiter
kasir
owner
pelanggan
Login
X
X
X
X
X
Logout
X
X
X
X
X
Registrasi
X
X
X


Entri referensi
X




Entri order
X
X


X
Entri transaksi
X

X


Generate laporan
X
X
X
X


                                              ii.          Desain dibuat dengan memperhatikan estetika dan user-friendliness
                                            iii.          Form pelaporan dibuat sekomunikatif mungkin
                                            iv.          Terapkan pemrograman berbasis obyek (object oriented programming)


d.        Hubungkan Aplikasi dengan Basis Data
                                                i.          Pilih dan instal aplikasi server basis data yang diinginkan
                                              ii.          Buat basis data dengan PDM sebagai berikut:





Keterangan :
Desain basis data diatas adalah basis data dasar, peserta ujian dapat menambah tabel / field sesuai kebutuhan berdasarkan kreativitas agar Aplikasi yang dibuat dapat berfungsi secara maksimal.

                                                i.          Terapkan stored procedure
                                              ii.          Hubungkan aplikasi dengan basis data

b.         Lakukan Debugging
                                                i.          Lakukan ujicoba real-time
                                              ii.          Pastikan langkah-langkah dalam pendeteksian kesalahan dilakukan dengan benar
                                            iii.          Pastikan seluruh fitur berfungsi dengan baik

c.         Buatlah Dokumentasi dan Manual Singkat Penggunaan Aplikasi
                                                i.          Buatlah dokumentasi fitur-fitur dalam aplikasi (user manual)
                                              ii.          Buatlah dokumentasi pengembangan aplikasi

Catatan    :         efisiensi baris program, kreativitas, atau inovasi akan dinilai lebih oleh penguji




“SELAMAT & SUKSES”

PAKET 2

III.        SOAL/TUGAS


1.        Judul Tugas            : Aplikasi Ticketing Pesawat dan Kereta Api
2.        Langkah Kerja:
a.         Lakukan Instalasi dan Pengaturan Software Tools Pemrograman
b.         Interpretasikan Spesifikasi Program yang diberikan
                                                i.          Aplikasi berbasis sistem client-server
                                              ii.          Aplikasi dapat dibuat berbasis desktop, web, atau perangkat bergerak
                                            iii.          Aplikasi menggunakan pembagian privilege dengan tingkatan (administrator, petugas, penumpang,)
c. Buatlah Desain User Interface / wireframe (Menu, Form Modifikasi Data, dan Pelaporan)
                                                i.          Fitur minimal dan pembagian privilege dalam aplikasi
Fitur
administrator
petugas
penumpang
Login
X
X
X
Logout
X
X
X
Registrasi


X
Entri Data
X


Pemesanan


X
Pembayaran


X
Verifikasi dan validasi
X
X

Generate laporan
X
X


                                              ii.          Desain dibuat dengan memperhatikan estetika dan user-friendliness
                                            iii.          Form pelaporan dibuat sekomunikatif mungkin
                                            iv.          Terapkan pemrograman berbasis obyek (object oriented programming)

d.        Hubungkan Aplikasi dengan Basis Data
                                                i.          Pilih dan instal aplikasi server basis data yang diinginkan
                                              ii.          Buat basis data dengan PDM sebagai berikut:




Keterangan :
Desain basis data diatas adalah basis data dasar, peserta ujian dapat menambah tabel / field sesuai kebutuhan berdasarkan kreativitas agar Aplikasi yang dibuat dapat berfungsi secara maksimal.


                                                i.          Terapkan stored procedure
                                              ii.          Hubungkan aplikasi dengan basis data

b.         Lakukan Debugging
                                                i.          Lakukan ujicoba real-time
                                              ii.          Pastikan langkah-langkah dalam pendeteksian kesalahan dilakukan dengan benar
                                            iii.          Pastikan seluruh fitur berfungsi dengan baik
c.         Buatlah Dokumentasi dan Manual Singkat Penggunaan Aplikasi
                                                i.          Buatlah dokumentasi fitur-fitur dalam aplikasi (user manual)
                                              ii.          Buatlah dokumentasi pengembangan aplikasi

Catatan    :         efisiensi baris program, kreativitas, atau inovasi akan dinilai lebih oleh penguji


                                           “SELAMAT & SUKSES”


PAKET 3


1.        Judul Tugas            : Aplikasi Inventaris Sarana dan Prasarana di SMK
2.        Langkah Kerja:
a.         Lakukan Instalasi dan Pengaturan Software Tools Pemrograman
b.         Interpretasikan Spesifikasi Program yang diberikan
                                                i.          Aplikasi berbasis sistem client-server
                                              ii.          Aplikasi dapat dibuat berbasis desktop, web, atau perangkat bergerak
                                            iii.          Aplikasi menggunakan pembagian privilege dengan tingkatan (administrator, operator, dan peminjam)
c.         Buatlah Desain User Interface / wireframe (Menu, Form Modifikasi Data, dan Pelaporan)
                                                i.          Fitur minimal dan pembagian privilege dalam aplikasi
Fitur
Administrator
operator
peminjam
Login
X
X
X
Logout
X
X
X
Inventarisir
X


Peminjaman
X
X
X
Pengembalian
X
X

Generate laporan
X



                                              ii.          Desain dibuat dengan memperhatikan estetika dan user-friendliness
                                            iii.          Form pelaporan dibuat sekomunikatif mungkin
                                            iv.          Terapkan pemrograman berbasis obyek (object oriented programming)


d.        Hubungkan Aplikasi dengan Basis Data
                                                i.          Pilih dan instal aplikasi server basis data yang diinginkan
                                              ii.          Buat basis data dengan PDM sebagai berikut:


Keterangan :
Desain basis data diatas adalah basis data dasar, peserta ujian dapat menambah tabel / field sesuai kebutuhan berdasarkan kreativitas agar Aplikasi yang dibuat dapat berfungsi secara maksimal.

                                                i.          Terapkan stored procedure
                                              ii.          Hubungkan aplikasi dengan basis data
b.         Lakukan Debugging
                                                i.          Lakukan ujicoba real-time
                                              ii.          Pastikan langkah-langkah dalam pendeteksian kesalahan dilakukan dengan benar
                                            iii.          Pastikan seluruh fitur berfungsi dengan baik
c.         Buatlah Dokumentasi dan Manual Singkat Penggunaan Aplikasi
                                                i.          Buatlah dokumentasi fitur-fitur dalam aplikasi (user manual)
                                              ii.          Buatlah dokumentasi pengembangan aplikasi

Catatan    :         efisiensi baris program, kreativitas, atau inovasi akan dinilai lebih oleh penguji



“SELAMAT & SUKSES”


PAKET 4


1.        Judul Tugas     : Aplikasi Pembayaran Listrik Pasca Bayar Melalui Payment Point Online Bank (PPOB)
2.        Langkah Kerja:
a.         Lakukan Instalasi dan Pengaturan Software Tools Pemrograman
b.         Interpretasikan Spesifikasi Program yang diberikan
                                                i.          Aplikasi berbasis sistem client-server
                                              ii.          Aplikasi dapat dibuat berbasis desktop, web, atau perangkat bergerak
                                            iii.          Aplikasi menggunakan pembagian privilege dengan tingkatan (administrator, pelanggan, dan bank)
c.         Buatlah Desain User Interface / wireframe (Menu, Form Modifikasi Data, dan Pelaporan)
                                                i.          Fitur minimal dan pembagian privilege dalam aplikasi
Fitur
administrator
pelanggan
bank
Login
X
X
X
Logout
X
X
X
Registrasi
X
X

Pengelolaan Data Pelanggan
X


Verifikasi dan validasi
X

X
Pembayaran

X

Generate laporan
X

X

                                              ii.          Desain dibuat dengan memperhatikan estetika dan user-friendliness
                                            iii.          Form pelaporan dibuat sekomunikatif mungkin
                                            iv.          Terapkan pemrograman berbasis obyek (object oriented programming)

d.        Hubungkan Aplikasi dengan Basis Data
                                                i.          Pilih dan instal aplikasi server basis data yang diinginkan
                                              ii.          Buat basis data dengan PDM sebagai berikut:



Keterangan :
Desain basis data diatas adalah basis data dasar, peserta ujian dapat menambah tabel / field sesuai kebutuhan berdasarkan kreativitas agar Aplikasi yang dibuat dapat berfungsi secara maksimal.

                                                i.          Terapkan stored procedure
                                              ii.          Hubungkan aplikasi dengan basis data


b.         Lakukan Debugging
                                                i.          Lakukan ujicoba real-time
                                              ii.          Pastikan langkah-langkah dalam pendeteksian kesalahan dilakukan dengan benar
                                            iii.          Pastikan seluruh fitur berfungsi dengan baik


c.         Buatlah Dokumentasi dan Manual Singkat Penggunaan Aplikasi
                                                i.          Buatlah dokumentasi fitur-fitur dalam aplikasi (user manual)
                                              ii.          Buatlah dokumentasi pengembangan aplikasi

Catatan    :         efisiensi baris program, kreativitas, atau inovasi akan dinilai lebih oleh penguji


“SELAMAT & SUKSES”


Komentar

  1. mas ini yg paket 1 ga ada jawabannya? soalnya guru saya ambil soal dari sini

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Login dengan Session pada PHP MYSQL

Mapel : Basis Data dan Web Dinamis (3RPL1) Senin, 27 Agustus 2018 Langkah Membuat Login Session pada PHP Mysql 1. Buatlah Tabel Login pada Database Sekolah 2. membuat table login , Struktur Tabel Login sbb: MySQL [sekolah]> create table login(     -> id int(3) primary key auto_increment,     -> username varchar(100),     -> password varchar(100)); 3. Silahkan Input username dan password di table Login 4. Buatlah Program  home.php <?php session_start(); if (empty($_SESSION['username'])) { header("location:form_login.php"); // jika belum login, maka dikembalikan ke file form_login.php } else { ?> <p align=right><a href="logout.php">Logout</a></p> <center>Selamat Datang : <b><?php echo $_SESSION['username']?></center></b><br /> <?php  include ("tampil_siswa_admin.php"); } ?> form_l...

Pengenalan CSS

HTML dirancang tidak ditujukan untuk mendesain sebuah halaman web, tapi hanya untuk menampilkan konten saja. Pada saat HTML beranjak ke versi 3.2, diperkenalkan tag <font> yang digunakan untuk mengatur tampilan sebuah teks, seperti jenis font yang digunakan, warna, dan ukuran. Tapi dengan adanya tag ini, malah jadi menyulitkan proses development, karena tag ini mesti disematkan di banyak halaman untuk mendapatkan hasil  style  yang sama. Bayangkan ketika kita sudah memiliki banyak halaman web, belasan atau puluhan, lalu kemudian hendak mengedit beberapa style saja misalkan ukuran font dan ingin semua halaman mendapatkan perubahan yang konsisten. Maka kita harus memperbaharui tag tersebut di setiap halaman satu per satu! Untuk itu, dibuatlah CSS, yang memisahkan style dari halaman web, sehingga antara konten pada HTML dan desain tampilan pada dokumen CSS dapat dikerjakan di dua tempat berbeda. Dengan kata lain, dokumen HTML cukup berisi ko...